Makanan Khas di pulau Bangka Belitung indonesia

Selain tempat wisata bangka belitung yang keren dan pantai nya sangat indah, di bangka belitung juga punya lho masakan khas khususnya buat warga bangka belitung dan para wisatawan yang ingin memncicipi masakan khas bangka dan membawa dan makanan cemilan khas bangka belitung sebagai oleh-olehnya.

Karena bangka belitung merupakan daerah kepulauan maka tidak dipungkiri lagi kalau di bangka belitung banyak sekali ikan laut dan sotong, cumi dan lainnya. sehingga di bangka belitungpun banyak makanan olahan berbahan ikan laut, seperti terasi,kerupuk ikan,kemplang,pempek,otak-otak, serta masakan laut lainnya seperti pindang dan lainnya.

Lempang Kuning Masakan Khas Bangka Belitung
Lempang Kuning Masakan Khas Bangka Belitung
Masakan khas yang paling popular di bangka belitung yaitu masakan yang terlihat seperti pindang ikan dan nanas dengan warna kuah kuning yang menggoda selera dan masyarakat bangka belitung menyebutnya dengan nama makanan khas Lempang Kuning. kalau masakan yang satu ini memang patut di coba, kapan lagi mau makan makanan khas bangka kalau bukan di tempatnya, karena menikmati makanan khas yang pada tempatnya itu sangat-sangat enak dan moment yang langka.

Ada lagi nih yang manteb banget namanya otak-otak, kalau otak-otak sih di sumatera juga ada sih, di lampung palembang dan sekitarnya, yaitu berbahan baku ikan giling dan di bungkus dengan daun pisang kemudian di panggang, setiap bungkusannya hanya sebesar 2jari tangan kita bahkan lebih kecil rasanya yang gurih dan manisnya ikan yang terasa, di makan dengan menggunakan bumbu kacang, manteb banget.

waktu saya di bangka belitung sepertinya tidak menemukan penjual Martabak Bangka yang terkenal seperti di daerah saya [lampung] hehehe, di bangka di kenal dengan martabak telor atau Asin dan martabak Manis.

Makanan Khas Bangka GETAS
Makanan Khas Bangka GETAS
Kalau oleh-oleh sih kalau saya merekomendasikan membawa oleh-oleh makanan khas bangka seperti kerupuk yang dikenal dengan nama GETAS yaitu berbentuk pilus bulat dan lonjong dengan bahan baku ikan, dan KRETEK kerupuk berbentuk pilus lonjong lancip disetiap kedua ujung nya seperti taring hanya sebesar jari kelingking berbahan baku telur cumi-cumi atau telur sotong dengan rasa yang sangat gurih dan renyah lembut. Kemplang juga ada namun saya rasa selain di bangka juga banyak, dodol durian juga menjadi oleh-oleh khas bangka tapi juga tidak hanya di bangka saja yang ada.

Nah ada satu lagi nih yang patut dibawa buat oleh-oleh yaitu TERASI, hadehh!! kok terasi hehe, jangan salah lho, terasi bangak terkenal dengan rasanya yang khas gurih dan tidak berbau menyengat, masyarakat bangka menyebutnya dengan nama BLACAN,kalau di lampung sih buat seruit tuh terasinya hehe,, tapi beda sama terasi nya berbada dengan terasi-terasi pada umumnya.

Beli terasinya bukan bungkusan kecil kecil seperti dodol lho,, hehe,, Terasi/BLACAN di kemas dengan potongan besar-besar dari yang bobotnya 1ons, 1/4kg, bahkan ada juga lho yang 1/2kg, hadeh banyak aja nih terasi bisa buat stok berbulan bulan. Masih banyak lagi yang belum bisa di sebutkan dalam tulisan ini, namun makanan-makanan tersebut yang menurut saya rekomended buat para wisatawan.
Makanan Khas di pulau Bangka Belitung indonesia , comments with fb aplication and 1 comment blogpost
Rated 5 star, Reviewed by mrpujar on

Link Yank Disponsori



makanan khas ntt said...

walau belum pernah mencoba beberapa dari daftar diatas tapi keliatannya enak heeh